Cara Singkat Mengaplikasian Cat Thermoplastik

 Persiapan Mengaplikasikan Cat Thermoplastik

Cat Thermoplastik
Cat thermoplastik
 Рmungkin masih asing di telinga kita, benar saja karena cat ini adalah cat khusus untuk membuat marka jalan. Merupakan cat bakar terbuat dari campuran perekat, butiran kaca sebagai pantulan cahaya, pewarna serta pengisi. Yang diaplikasikan di jalan raya sebagai marka dan pembatas jalan, juga penunjuk keselamatan berkendaraan. Media yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan cat ini adalah aspal, beton dan rigid. Cat ini mempunyai jenis atau warna, yaitu putih, kuning, hitam, hijau, biru, merah yang masing-masing mempunyai tempat pengaplikasian yang berbeda. Ada yang digunakan di jalan raya aspal, jalan beton, daerah proyek dan daerah sekolahan. Keunggulan cat jenis ini adalah tahan terhadap cuaca, tahan abrasi dan daya lekat kuat, cocok untuk lalu lintas yang tinggi dan mudah diaplikasikan diatas beton maupun aspal. Cat ini adalah satu-satunya cat yang bisa digunakan untuk marka jalan, karena semua keunggulan yang dimilikinya.

Agar didapatkan hasil sesuai yang diinginkan, maka cat harus dipersiapkan dengan benar agar bisa diaplikasikan sesuai aturan pakai nya. Berikut adalah tata cara singkat mulai dari persiapan sampai aplikasi cat Thermoplastik.

  1. Masukkan Cat Ke Dalam Preheater Sedikit Demi Sedikit

    Masukkan cat ke dalam preheater sedikit-sedikit saja, jangan langsung bersamaan atau terlalu banyak. Hal itu bertujuan agar cat yang berada di dalam tangki tidak hangus, karena terlalu banyak dan tidak bisa diaduk. Apabila cat yang dimasukkan sedikit demi sedikit, anda kan tetap bisa mengaduknya secara merata dan tidak ada yang hangus di dasar tangki.

  1. Naikkan Suhu Preheater Perlahan

    Kemudian anda harus menaikkan suhu mesin preheater mulai kurang dari 150, perlahan sampai maksimum suhu mencapai 280 derajat Celsius, agar cat thermoplastik mencair dan bisa diaplikasikan. Setelah suhu mencapai 150 derajat tambahkan lagi cat di mesin preheater secukupnya. Jangan sampai lupa untuk terus mengaduk preheater tiap 3 menit sekali untuk yang menggunakan manual mixer, dan sekitar 50-70 putaran per menit untuk mesin pengaduk otomatis. Kemudian naikkan lagi suhunya pada suhu yang ideal sesuai petunjuk pada mesin aplikator.

  1. Tuangkan Cat Ke Dalam Mesin Aplikator Secara Perlahan

    Setelah persiapan yang dilakukan di mesin preheater, maka cat akan menjadi encer dimana cat bisa mengalir dengan lancar. Maka saatnya memasukkan cat ke dalam mesin aplikator. Usahakan saat memasukkan cat ke dalam tangki aplikator, pintu mesin preheater jangan dibuka terlalu lebar agar cat masuk dengan perlahan. Tujuannya adalah agar cat yang sudah mencapai suhu ideal tetap mengalir pada rel pengarah cat, tidak ke luar jalur dan menyebabkan kecelakaan kerja.

  1. Jagalah Kestabilan Suhu Pada Mesin Aplikator

    Setelah anda menuangkan cat pada mesin aplikator, mesin harus dijaga kestabilan panasnya. Jika api yang digunakan terlalu kecil maka tuas pengaduk pada tungku aplikator akan menjadi sangat sulit bergerak secara manual. Hal tersebut dikarenakan cat akan mengalami pengentalan kembali. Maka akan mengakibatkan anda mengalami kesulitan melakukan pengecatan dan artinya membuang waktu secara percuma.

  1. Pengaplikasian Cat Thermoplastik

    Tuangkan cat pada sepatu aplikator sesuai takaran yang ditentukan dari ukuran sepatu aplikator. Lalu kemudian cat thermoplastik siap digunakan untuk melakukan pengecatan. Pada saat menggunakan cat jangan lupa memasangkan filter diatas sepatu, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya material padat masuk yang bisa menggagalkan penggunaan cat ini. Setelah cat masuk pada sepatu aplikator anda tinggal menjalankan mesinnya untuk mengaplikasikan cat. Aplikasikan pada media yang diinginkan, bisa jalan raya atau area proyek dan lain-lain, dengan bahan aspal, beton, paving atau pun rigid. Kembali Ke Menu

Apabila cat yang digunakan bagus dan cara penggunaannya benar, bisa dipastikan kualitas marka jalan yang dihasilkanpun akan bagus dan tahan lama. Sebagai bahan informasi buat anda, apabila anda hendak mencari alat- alat untuk perkebunan kelapa sawit, anda bisa buka halaman website alatsawit.com. Di website tersebut disediakan berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan di perkebunan anda. Dan apabila anda membutuhkan aneka macam furniture buat laboratorium bisa anda buka di furniture-lab.com.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *