Cat Thermoplastic Aastho 79

Cat Thermoplastic Aastho 79

Cat thermoplastic – Cat thermoplastic adalah cat yang digunakan untuk membuat marka jalan yang merupakan cat bakar yang terbuat dari campuran resin jenis hydrocarbon atau disebut juga dengan perekat dan butiran kaca (glassbed) sebagai pantulan cahaya, pigment atau dengan kata lain pewarna serta filler ( pengisi ) yang diaplikasikan pada raya sebagai pembatas dan juga penunjuk keselamatan berkendaran pada permukaan jalan raya. Cat thermoplastik dapat diaplikasikan dimedia aspal maupun beton atau rigid.

Cat thermoplastik mempunyai jenis atau warna, terdiri dari cat thermoplastik warna putih yang sudah lazim dan biasa digunakan dijalan raya, cat thermoplastik warna kuning yang biasanya digunakan atau diaplikasikan pada jalanan beton atau rigid, cat thermoplastik warna hitam ini sangat jarang digunakan atau diaplikasikan pada media apapun, cat thermoplastik warna hijau biasa digunakan untuk daerah proyek, cat thermoplastik warna merah ini biasanya digunakan untuk daerah sekolahan, cat thermoplastik warna biru.

Berikut kami akan menjelaskan tata cara singkat bagaimana proses aplikasi dari Cat Thermoplastic :

 

  1. Masukan cat thermoplastic ke dalam mesin preheater sedikit demi sedikit, bertujuan agar cat yang berada di dalam tangki tidak hangus.
  2. Naikkan suhu mesin preheater secara bertahap sampai dengan kurang lebih 150 derajat celcius sebagai catatan ada sebagian jenis cat marka yang membutuhkan suhu maksimum hingga sampai 280 derajat celcius agar cat marka dapat mencair dan siap di aplikasikan.
  3. setelah suhu mencapai hingga 150 kemudian ditambahkan kembali cat dimesin preheater secukupnya. Jangan lupa untuk selalu mengaduk preheater setiap 3 menit sekali bagi yang menggunakan manual mixer kurang lebih 50 – 70 putaran permenitnya bagi mixer yang menggunakan mesin pengaduk.
  4. Naikkan lagi suhu preheater hingga mencapai Suhu yang Ideal sesuai dengan yang dianjurkan pada petunjuk teknis aplikator marka.
  5. Setelah cat encer dimana cat tersebut sudah dapat mengalir dengan lancar, sekarang wktunya untuk memasukan cat ke dalam tangki mesin aplikator. Dan pada saat anda menuangkan cat ke dalam tangki aplikator diusahakan untuk membuka pintu pengeluaran cat dari preheater dengan perlahan tidak langsung membuka lebar pintu pengeluaran. Hal ini bertujuan terhindar dari kecelakaan kerja dimana bila cat sudah mencapai suhu ideal  cat pertama yang keluar akan mengalir secara perlahan – lahan. Sedangkan 5 detik kemudian cat akan mengalir dengan deras yang akan mengakibatkan cat akan mengalir keluar dari rel pengarah cat.
  6. Setelah cat dituangkan harus selalu menjaga kestabilan panas pada tangki aplikator. Apabila api yang digunakan terlalu kecil maka tuas pengaduk pada tangki aplikator akan menjadi sangat sulit untuk digerakan secara manual. Hal ini akan mengakibatkan anda kesulitan untuk melakukan pengecatan dan juga akan sangat membuang waktu anda secara percuma.
  7. Tuangkan cat thermoplastik pada sepatu aplikator secukupnya takaran dapat ditentukan dari ukuran sepatunya dan kemudian Cat siap untuk digunakan. Pada saat penggunaan cat thermoplastik jangan lupa untuk memasangkan filter cat diatas sepatu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya material padat yang masuk sehingga menyebabkan gagalnya penggunaan.

Berikut Spesifikasi cat thermoplastik :

cat thermoplastic aastho 79

Berat Jenis : 2.15 kg/L
Komposisi Binder : Min 18%
Komposisi Glass Beads : 30-40%
Komposisi TiO₂ (Titan Dioksida) : Min. 10%
CaCO₃ & Innert Filters : Max. 42%
Softening Point : 102.5 ±

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *